Recent Posts

Sunday 9 September 2012

filosofi gunungan

heiho!
beberapa hari yang lalu gw sempet ngopi bareng temen dibilangan kledokan nih..
kita nongkrong2 aja sih, tmen gw janjian sama temennya katanya mau ambil alat.
kita ngobrol ngalor ngidul dan sempet ngomongin tattoo, ya kebetulan tmen gw hobi tatoan juga sih..gw sih ngikut aja, dari ngobrolin tato pertama yang digambarin sama tmen sendiri waktu kelas 2 sma (itu saking kepengennya tatoan coba!), tato hyena yang ga bisa ilang alhasil jadi kaya bekas luka (tapi keren gitu!), sampe teknik tapping suku2 dayak kalimantan..haha
gw sempet ngobrol juga sama mas koplo (baca:tattoo artist) yang kebetulan juga pernah natoin tmen gw itu..gw tanya2 dan doski cerita sepak terjangnya bikin tato. tmen gw impressed sama skill-nya dan kemauan untuk ngerjain detail2 kecil.

eniwei ada satu yang bikin gw tertarik, gw kan tanya apa doski pernah ngerjain tatto2 javatribe gitu, ya kaya wayang, batik, dsb..pada ngertilah detailnya kaya apa kan. trus doski bilang pernah, malah ditanya gw klo misalnya pengen tato mau gambar apa, gw ngomong aja "gunungan mas kayanya, haha" sambil ketawa ketiwi. maksud gw becanda aja sih, tapi karena gw tertarik sama gunungan ya gw nyeletuk aja..padahal gunungan aja gw ngk ngerti maksudnya apa tuh di dunia perwayangan, tapi gw selalu penasaran sama gunungan itu, masa iya sih fungsinya cuma pembuka sama penutup babak perwayangan aja..

nah ga diduga ga disangka ternyata malah ditanggapin seurius..
"wah gunungan itu gambar berat e, itu meaning banget.."
gw penasaran kaan, yasudah sampe rumah ane tanya mbah google dah.












dyaaamn! dan ternyata gunungan itu filosofis sekaliiii, ini menurut gw ya men;
selain pembuka dan penutup babak, gunungan dipakai untuk simbolisasi Alfa dan Omega. tau kan? yap, awal dan akhir. itu aja udah melambangan Sang Beyond Greatness yang mengatur itu semua, dan itu kodrati sekalii, semua - hal apapun pasti ada awal dan akhirnya kan..
nah trus digunungan itu ada gambar - gambar lagi..
banyak sih simbolnya, ada gambar hewan, gerbang, gupolo, dll..dan emang meaning banget. yang paling gw tertarik ada satu simbol bentuknya pohon gitu.

katanya namanya pohon kalpataru, pohon kehidupan yang punya 8 cabang. gw kurang ngerti juga kenapa cabangnya harus 8, tapi lagi lagi gw kaitin aja sama lambang infinitum, lambang ilahiah. gw tertarik banget sama lambang ini, beneran! kapan2 dibahas deh..
terus gw jadi inget sama Yggdrasill (baca ig - drasil), tau? mitologi nordik jaman mbiyen percaya bahwa ada dunia lain selain dunia manusia, dan semua itu saling berhubungan satu sama lain melalui cabang2 yggdrasil yang jumlahnya ada 9. bedanya cuma disitu aja, cabangnya lebih satu. tapi gw rasa intinya sama, bahwa itu adalah lambang kehidupan, pusat kosmos.

fiuhh! excited bener gw, habis seru sihh..
besok2 disambung deh ya. ngampus dulu!



cheers! ^^,



6 comments:

Unknown said...

ASEM CAH ABOT!

betari kiranasari said...

liat ini gan kalo mau belajar soal filosofi jawa http://sabdalangit.wordpress.com/

Ignatius Hendrik said...

yeey! tengkyu ayii :*
tapi ga ada yang khusus tentang gunungan, literasi untuk itu sepertinya sedikit sekalii :(

betari kiranasari said...

di google ada sih pembahasan soal filosofi dan simbol-simbol ornamennya, tapi kalo cari literasi buku, aku belum nemu, banyaknya yang dibahas kejawen. baca aja dulu Anak Bajang Menggiring Angin. kenalan sama tokoh wayang-wayangnya... :D

Ignatius Hendrik said...

bacaanya uhuuukk*shindu*uhuukkk yaa, haha :P

betari kiranasari said...

bacaan semua oraaaaaaang yang sukaaa filosofi~ :)

Post a Comment